Hj. Sri Gantini, S.Pd.I, M.A

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuka mata dan hati melalui Bimtek Pendidikan Inklusif
Para peserta Bimtek berphoto bersama panitia dan narasumber

Membuka mata dan hati melalui Bimtek Pendidikan Inklusif

Untuk ketiga kalinya Disdikpora Kabupaten Karawang bekerja sama dengan Gerakan Masyarakat Inklusif Karawang (Gemasik) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pendidikan Inklusif bagi Pengawas, Kepala Sekolah dan guru SD/SMP sekabupaten Karawang.

Bimtek pendidikan inklusif ini diselenggarakan dari tanggal 10 sampai 12 Desember 2019, bertempat di Hotel Brits Karawang.

Tidak seperti Bimtek sebelumnya yang hanya fokus pada guru saja, pada Bimtek yang ketiga kali ini Gemasik dan Disdikpora juga menghadirkan para kepala sekolah dan pengawas, agar ada kesamaan pandangan dan pengetahuan sehingga pendidikan inklusif yang diselenggarakan dimasing masing sekolah dapat berjalan selaras dan sesuai yang diharapkan oleh pemerintah.

Bimtek ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, dan pengetahuan pendidikan berkebutuhan khusus, agar para pendidik dapat melaksanakan identifikasi dan asesmen bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Selain itu juga Bimtek ini bertujuan sebagai penguatan tentang pendidikan inklusif kepada guru, kepala sekolah dan pengawas, sehingga dapat melayani anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kebutuhannya.

Kegiatan Bimtek Inklusif ini menghadirkan para narasumber yang sangat berkompeten dan pakar dibidang pendidikan Inklusif, diantaranya yaitu Drs. Dedy Kustawan, M.Pd., yang menjabat sebagai Sekretaris Pokja Pendidikan Inklusif Provinsi Jawa Barat dan juga merupakan Ketua Lintang Samudra Edukasi sebuah lembaga pendukung pendidikan inklusif. Selain itu hadir juga narasumber dari Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang dan dari SLB Negeri Karawang.

Di sela-sela jadwalnya yang sangat padat, Bupati Karawang, dr. Cellica Nurachadiana, juga berkesempatan hadir dan memberikan dukungan penuh pada kegiatan Bimtek Inklusif . Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga terhadap guru guru, di Karawang yang begitu peduli terhadap anak anak berkebutuhan khusus. Untuk mendukung pendidikan inklusif di Karawang ini, beliau bahkan menginstruksikan agar seluruh sekolah negeri yang ada di Kabupaten Karawang harus menerima anak yang berkebutuhan khusus.

Bupati Karawang juga, mengapresiasi Gemasik sebagai organisasi masyarakat yang sangat peduli dengan keberadaan anak anak berkebutuhan khusus dan selama ini telah membantu pemerintah daerah khususnya dalam pendidikan inklusif. Dalam sambutannya, Bupati Karawang juga menjanjikan akan memberikan bantuan untuk pendidikan anak anak berkebutuhan khusus, sehingga anak anak berkebutuhan khusus yang ada di Karawang dapat mengikuti proses pembelajaran dan terlayani dengan baik.

Tentu saja janji bupati cantik ini disambut dengan sangat suka cita oleh para peserta Bimtek pendidikan inklusif. Memang perhatian Bupati Karawang, dr. Cellica Nurachadiana ini terutama dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan para pendidik di Karawang sangat besar sekali dan patut untuk diapresiasi.

Tak lupa Teh Celly, panggilan akrab bupati cantik ini juga mengingatkan agar para peserta Bimtek dapat mengikuti kegiatan Bimtek dengan baik, sehingga Bimtek yang dibiayai oleh Disdikpora Kabupaten Karawang ini dapat meningkatkan kompetensi para guru, kepala sekolah dan pengawas dalam memberikan pembelajaran dan bimbingan kepada anak anak berkebutuhan khusus.

Dengan adanya Bimtek ini telah membuka mata para pendidik dan pemangku kebijakan pendidikan, bahwa semua anak berhak untuk mendapatkan pendidikan dan layanan yang sama, baik itu anak yang normal ataupun anak yang berkebutuhan khusus, akan tetapi tentu saja disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didiknya.

Bimtek pendidikan inklusif yang dilaksanakan dari pagi sampai sore ini, diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta, apalagi dalam bimtek ini, dihadirkan langsung anak anak berkebutuhan khusus, sehingga para peserta Bimtek bisa belajar praktek secara langsung cara mengidentifikasi dan mengasesmen anak anak berkebutuhan khusus. Karena proses identifikasi dan asesmen merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan langkah pembelajaran selanjutnya pada anak berkebutuhan khusus sehingga dengan identifikasi dan asesmen yang tepat anak berkebutuhan khusus akan mencapai hasil belajar yang optimal.

Pada akhir bimtek ini ditutup oleh kesan dan pesan dari peserta Bimtek yang umumnya merasa puas dan senang dengan pelaksanaan bimtek, karena dengan adanya bimtek ini semakin menambah wawasan dalam pendidikan inklusif terutama pada proses identifikasi dan asesmen peserta didik berkebutuhan khusus. Para peserta Bimtek sangat berterima kasih sekali kepada Disdikpora dan Gemasik yang telah menyelenggarakan Bimtek Pendidikan Inklusif ini. Para peserta Bimtek juga mengharapkan akan adanya Bimtek yang dapat dilaksanakan lagi pada waktu yang akan datang dan lebih fokus pada cara penanganan peserta didik berkebutuhan khusus.

Para anak yang berkebutuhan khusus adalah warga negara Indonesia yang mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu, dan berhak untuk mendapatkan pendidikan khusus. Tidak ada anak yang mau lahir dengan keadaan yang mempunyai kekurangan dan tidak ada orang tua yang berkeinginan mempunyai anak yang mempunyai kekurangan. Semua anak dilahirkan dalam keadaan suci, semua anak mempunyai keistimewaan tersendiri, fokus lah pada kelebihannya bukan pada kekurangannya, Sehingga anak merasa dihargai dan diakui keberadaannya Bukalah mata dan hati kita untuk para anak anak berkebutuhan khusus ini, siapa tahu tangan kecil mereka inilah yang kelak akan menarik kita masuk ke dalam syurga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post